Propertinews.id – Tangerang, Terbatasnya pergerakan sosial akibat merebaknya virus corona di Jabodetabek, membatasi kegiatan pengembang untuk memasarkan produk properti
mereka. Ditambah dengan dimulainya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar
(PSBB), yang membuat aksi lapangan semakin terbatas hingga menimbulkan
perubahan pada penjualannya. Hal ini
diakibatkan karena manuver lapangan seperti pelaksanaan pameran,
tur lapangan, dan sebagainya otomatis menjadi berhenti.
Baca juga: Tips Jual Rumah Aman dan Cepat di Tengah Virus Corona
Untuk menyiasati terbatasnya akses ke
lapangan, pengembang mulai beralih ke pemasaran secara digital. Besarnya
potensi digital marketing memang
tidak dapat diabaikan begitu saja. Perkembangan teknologi sangat terasa
manfaatnya dalam menyiasati terbatasnya akses lapangan, seperti misalnya
teknologi 360 yang membantu pengembang untuk melaksanakan
virtual tour sebagai pengganti
pameran properti.
Apa saja siasat pemasaran digital yang dapat
digunakan untuk mengatasi terbatasnya akses pemasaran secara langsung?
1. Teknologi 360 sebagai Alternatif Pameran Unit
Dengan menggunakan teknologi virtual
reality dan teknologi 360 derajat, Anda dapat mengadakan tour secara digital. Tur virtual ini
dapat menjadi strategi ampuh bagi Anda dalam memperkenalkan produk properti. Bantuan teknologi ini dapat membantu calon customer dapat melihat-lihat interior dan eksterior properti Anda
langsung dari gadget secara real time. Melalui
kecanggihan ini, calon pembeli Anda dapat melihat dalam sudut
360 derajat, sehingga setiap keunggulan properti dapat ditunjukan secara
sempurna.
2. Mailchimp dan Whatsapp Blast untuk tetap
terkoneksi dengan Leads
Lead adalah individu atau organisasi yang tertarik
dengan produk yang Anda tawarkan. Lead akan menjadi customer jika Anda
mampu untuk meyakinkannya dengan berbagai keunggulan produk. Oleh karena itu,
sangat penting untuk selalu terhubung dengan lead yang Anda miliki.
Solusinya adalah dengan email terautomasi melalui aplikasi Mailchimp atau
Whatsapp Blast yang dapat mengirimkan pesan promosi ke banyak pelanggan
sekaligus.
3. Media Sosial untuk Mempertegas Brand dan Keunggulan Produk
Sosial media adalah alat yang sangat penting
dalam mendatangkan lead. Industri properti adalah industri yang
mengandalkan impresi visual seperti kecantikan sebuah rumah dan apartemen,
sehingga Facebook dan Instagram adalah media sosial yang sangat cocok untuk
memperlihatkan produk Anda kepada calon pembeli.
Buatlah konten-konten yang bervariasi setiap
hari. Jangan mengharapkan bahwa Anda akan mendapatkan lead setelah
memposting satu atau dua konten. Dalam kebanyakan kasus, Anda baru mendapatkan lead
setelah posting yang kesekian ratus kali. Oleh karena itu, konsistensi dalam
posting dan kreativitas membuat konten sangat penting untuk strategi digital
marketing properti.
5. Bangun Website
yang Teroptimasi Search Engine Optimization (SEO)
Sebuah website
yang berkualitas akan menambah kredibilitas perusahaan Anda. Apalagi untuk
industri properti yang mengandalkan banyak gambar spesifikasi properti yang
ditawarkan. Website merupakan
instrumen untuk menyampaikan informasi kepada calon customer, sehingga Anda wajib untuk memiliki website sendiri dan mengoptimalkan website sehingga orang akan tertarik mengunjungi website Anda. Selain itu, dengan
memiliki website, Anda akan eksis di
dunia maya, dan calon pengguna Akan mudah mencari Anda di dunia maya.
Untuk menaikkan peringkat website di laman
hasil pencarian Google, Anda dapat menerapkan
berbagai strategi SEO, karena dengan strategi SEO yang sempurna, customer akan semakin mudah menemukan
Anda di Internet saat semua channel
offline hampir terbatas.
6. Kampanye iklan berbayar online yang efektif
Bagi Anda yang belum tahu, PPC adalah iklan yang muncul saat
seseorang mengetikan
sebuah key word tertentu di
mesin pencari Google. Iklan PPC atau Pay Per Click adalah salah satu
strategi terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk menjual properti Anda. Dengan
menggunakan iklan PPC, Anda akan menarik minat calon pembeli yang benar-benar
tertarik dengan produk Anda.
Buatlah iklan PPC di Google dan mesin pencari
lainnya secara optimal agar calon cutomer
Anda dapat menemukan iklan yang Anda buat dengan mudah. Gunakan juga
variasi PPC dari Display Network dan Search Network agar
hasil lebih maksimal. (ADR)