PropertiNews.id,
Tangerang – Pindahan memang merepotkan, namun saat Anda harus pindah
secepatnya, hal ini dapat menjadi hal yang lebih merepotkan lagi. Mengetahui
hal ini, Anda dapat menyimak beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk tetap
teratur saat Anda harus pindah rumah seceatnya.
Terkadang, pekerjaan baru atau keharusan pindah karena
jadwal masuk sekolah anak sudah dekat merupakan alasan utama untuk pindah rumah
secepatnya. Oleh karena itu, simak tips berikut ini untuk membantu Anda tetap
tenang melalui proses pindahan.
1. Buat Daftar
Pindah rumah dengan batas waktu yang singkat tentu saja
dapat membuat stres. Maka dari itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah
menyempatkan diri untuk mengatur piikiran Anda dengan menulis daftar hal yang
harus dilakukan. Hal ini akan memberikan Anda struktur yang perlu Anda lakukan
untuk proses pindah rumah Anda.
Tulis daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan, seperti
membeli kardus pengemas atau memesan jasa pengangkut barang. Setelah Anda
menulis hal yang perlu dilakukan, maka Anda perlu mengatur daftar itu secara
kronologis.
Dalam prosesnya, kerjakan setiap tugas berdasarkan daftar
tugas yang sudah Anda tulis. Simpan daftar pekerjaan dekat dengan Anda agar
dapat dilihat dengan mudah saat Anda bekerja.
2. Buat Batas Waktu
Setelah Anda selesai menulis daftar tugas, maka hal yang
perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menetapkan batas waktu dari masing-masing
tugas. Lihat kembali daftar yang sudah Anda buat dan buat batas waktu dari
masing-masing tugas.
Jika Anda perlu menyelesaikan seluruh proses pindah rumah
tepat waktu, maka Anda dapat mencoba menetapkan batas waktu yang lebih sulit
pada diri Anda sendiri. Sebagai contoh, Anda dapat menjadwalkan barang-barang
yang ingin didonasikan pada hari yang sama Anda harus mengosongkan kamar tidur.
3. Ikuti Sistem Pengepakan
Saat Anda beres-beres, Anda juga perlu mengikuti sebuah sistem
yang dapat membantu Anda untuk tetap teratur sebisa mungkin. Setiap orang
mengetahui tipe sistem seperti apa yang paling cocok untuk mereka, namun
berikut beberapa saran yang dapat Anda ikuti.
Mulai dengan mengumpulkan material pengepakan yang Anda
butuhkan untuk satu ruangan. Gunakan barang dengan tekstur lembut seperti kaos
untuk menjaga barang pecah-belah. Jangan mengepak baju secara terpisah dari
lacinya dan tutup laci dan pindahkan secara menyeluruh.
Tandai masing-masing barang dengan sistem kode berwarna
menggunakan spidol sehingga Anda dapat mengetahui barang-barang yang tersimpan
di dalamnya. Buat daftar dari masing-masing kotak. Dengan cara ini, Anda tidak
akan lagi kesulitan mencari barang tertentu saat Anda sampai ke tujuan. (RT)