PropertiNews.id, Tangerang –
Digital marketing
merupakan aktivitas promosi yang dilakukan untuk sebuah brand ataupun
produk menggunakan media elektronik (digital). Puluhan tahun silam,
media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio
yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.
Kini,
dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan
yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, maka tak heran
jika cara memasarkan sebuah produk kini mengalami perkembangan juga
yaitu melalui pemasaran digital lewat internet sebagai salah satu
channel utamanya.
Tidak seperti iklan di koran, selebaran brosur
dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khsusunya
online dapat diukur secara tepat bahkan real-time. Dengan menggunakan
media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda
ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan
tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.
Abilitas
pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis
dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing
perusahaan. Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis
juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan
media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke
seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik.
Jika Anda ingin memulai pemasaran melalui digital atau internet ini, tentunya Anda sebagai
digital marketer
perlu tahu beberapa teknik dan sumber yang dibutuhkan oleh perusahaan
Anda. Agar nantinya pemasaran digital tersebut dapat berjalan dengan
baik.
Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah
aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus
dalam beberapa aset saja. Berikut ini beberapa aset dalam digital
marketing:
• Website
• Postingan blog
• Akun media sosial
• Identitas brand (logo, company profile)
• Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll).
Jika
Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan
adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda
miliki.
Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara
berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui
sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang
menarik dan share-able.
Hal lain yang cukup penting, jika Anda
aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha
Anda punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.
Karena
hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu
miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti
tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen
pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar. (SU)