PropertiNews.id, Tangerang - Akhir-akhir ini para pengusaha
retail sedang menghadapi ujian berat. Penjualan mereka diperkirakan turun dari
biasanya karena daya beli masyarakat yang rendah. Ini terlihat dari curhat
sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, kepada gubernur DKI Jakarta
terpilih Anies Baswedan pekan ini. Mereka curhat mengalami penuruan omzet hingga
56 persen pada musim lebaran kemarin, dibandingkan dari musim lebaran
sebelumnya.
Omzet penjualan dan laba tentu
saja adalah hasil akhir yang ingin dicapai oleh semua perusahaan. Jika omset
turun, laba usaha pun akan ikut turun.
Masalahnya, untuk mendapatkan omzet penjualan yang tinggi bukanlah
sebuah hal yang bisa serta-merta datang tanpa usaha apapun dari kita si empunya
usaha. Tentu ada langkah-langkah yang harus kita ambil sebagai konsekuensi dari
target kita untuk mendapatkan omzet penjualan yang tinggi.
Cara yang harus kita tempuh
sebenarnya adalah hal dasar yang memang seharusnya dilakukan oleh seorang
pelaku usaha demi mempertahankan kelangsungan usaha kita. Berikut ini sejumlah
tips untuk meningkatkan omzet usaha Anda:
1. Kualitas Produk
Selain sangat berpengaruh pada
intergritas usaha kita, kualias produk juga sangat berpengaruh pada angka
penjualan produk kita. Sudah menjadi hal wajib bagi semua usaha untuk selalu
mempertahankan kualitas produk mereka. Ini sangat sederhana, namun cukup sulit
dilakukan. Jika kualitas sudah jempolan, konsumen pun akan loyal dan terus akan
berbelanja di toko Anda. Apalagi jika usaha Anda di bidang makanan. Jadi
teruslah menjaga dan meningkatkan kualitas produk Anda. Rasanya tidak masalah
sedikit menaikan harga asalkan kualitas produk kita selalu terjaga.
2. Promosi dan branding
Ini hal penting kedua yang
harusnya Anda lakukan jika ingin meningkatkan penjualan. Kekuatan promosi dan
branding ini meningkatkan omzet usaha Anda. Tidak harus mahal dan ribet.
Lakukanlah promosi dan branding sesuai dengan kemampuan usaha Anda dan bermacam
cara. Contoh saja jika Anda memiliki
usaha wisata murah, promo travel, dan sejenisnya, Anda bisa berpromosi di
social media, bahkan bisa melalui pemasaran digital (digital marketing) untuk menjangkau
pasar yang lebih luas dan sesuai target.
3. Layanan Terbaik
Dengan semakin banyaknya pesaing
di luar sana, salah satu kunci untuk menang dalam persaingan itu adalah dengan
meningkatkan kualitas layanan kita. Taruhlah kita memiliki jenis produk yang
sama dengan harga yang hampir sama, maka hal terpenting yang akan menjadi
pertimbangan para konsumen tentu saja adalah pelayananya.
4. Belajar strategi pemasaran
Setiap pengusaha tidak hanya
sekadar menjalankan usahanya. Mereka juga dituntut untuk selalu belajar.
Terutama belajar pemasaran atau marketing. Dan saat ini, belajar strategi
pemasaran sudah bukan dengan cara konvensional lagi, melainkan perlahan-lahan
harus bisa belajar pemasaran digital. Terutama strategi memasarkan melalui
social media yang popular seperti instagram, facebook, dan pemasaran melalui
Google. Bahan bacaan dari para praktisi digital marketing dengan mudah bisa
Anda temui di situs blog dan media, dan kamu cari melalui layanan pencarian di
Google.
Memang, meningkatkan omset penjualan
adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Tapi jika kita membiarkan terus
omzet usaha Anda turun, semakin lama usaha Anda akan gulung tikar. Jadi sebelum
omzet usaha turun lebih dalam lagi, cobalah perbaiki dari sekarang.