PropertiNews.id,
Tangerang – Bagi sebagian orang, bekerja di rumah tentu saja menjadi
kenikmatan tersendiri. Selain tidak harus datang ke kantor setiap hari, orang
yang bekerja di rumah biasanya dapat mengatur waktu dengan lebih fleksibel.
Terlebih, bekerja di rumah merupakan impian banyak orang, terutama karena
terhindar dari kemacetan dan tekanan dari atasan.
Jika Anda bekerja di rumah, tentu diperlukan ruang kerja
yang memisahkan urusan pribadi dan urusan profesional. Ruangan ini juga
berfungsi sebagai ruang kreatif untuk Anda menemukan ide-ide bisnis dan
membantu Anda untuk tetap fokus dengan pekerjaan.
Ingat bahwa ruangan tempat Anda bekerja harus didesain agar
Anda dapat tetap fokus dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, desain
kantor mungil Anda harus menarik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Berikut beberapa tips untuk Anda agar aktivitas bekerja dari
rumah semakin produktif.
1. Perabot yang Mudah Dipindah
Dengan desain kantor yang itu-itu saja, Anda mungkin dapat
merasa bosan di kemudian hari. Untuk menjaga kreativitas dan semangat Anda,
renovasi terhadap ruang kerja perlu dilakukan. Oleh karena itu, Anda perlu
memilih furnitur yang Anda beli dengan lebih hati-hati.
Hindari penggunaan meja atau lemari yang terlalu besar. Hal
ini dikarenakan perabot yang besar dapat menghalangi Anda untuk melakukan
dekorasi ulang terhadap ruangan. Gunakan perabotan yang dapat dibongkar dan
dipasang dengan mudah, ukuran yang tidak terlalu besar, dan berat yang cukup
ringan.
2. Jangan Samakan dengan Ruang Bersantai
Kesalahan yang sering ditemukan dari ruang kerja orang yang
bekerja di rumah adalah desain yang mengedepankan kenyamanan. Perlu diingat
bahwa ruangan tersebut merupakan tempat Anda untuk bekerja dan menemukan
ide-ide bagi bisnis Anda. Jangan samakan ruang tersebut dengan ruang baca di
mana Anda bisa bersantai sembari duduk di kursi malas dan membaca buku.
Singkirkan sofa yang nyaman dari ruangan Anda karena hal
tersebut dapat mempengaruhi produktivitas. Anda tidak perlu membuat ruangan
kerja Anda menjadi terlalu nyaman. Desain ruangan yang dapat memprovokasi dan
memacu kreativitas Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menempatkan papan tulis
kecil dan kalendar di salah satu sisi ruangan.
3. Rapihkan Meja Kerja
Meja yang berantakan dapat mempengaruhi semanngat kerja
Anda. Selain itu, meja kerja yang tidak tertata dengan baik akan menyulitkan
Anda untuk menemukan barang-barang yang Anda butuhkan.
Untuk meningkatkan produktivitas Anda, susun barang-barang
dengan lebih teratur. Sebagai contoh, Anda dapat menyatukan dokumen-dokumen
yang berserakan ke dalam satu map dan diletakkan di laci, alat tulis yang
diletakkan pada tempatnya.
Secara psikologis, merapikan ruang kerja dapat mempengaruhi
mood Anda menjadi lebih baik. Dengan ini, Anda akan selalu produktif setiap
harinya.
4. Pemandangan Luar Ruangan
Letakkan meja kerja Anda dekat dengan jendela. Jika jendela
Anda memiliki pemandangan ke taman di rumah Anda, hal ini dapat menjadi nilai
tambah. Anda dapat menjadi lebih bersemangat saat ruang kerja Anda memiliki
akses terhadap pemandangan luar ruangan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati
hembusan angin alami dan cahaya matahari langsung.
Dengan mood yang baik, produktivitas juga dapat meningkat.
Bayangkan Anda bekerja sembari menyaksikan pepohonan hijau yang ada di luar.
Hal ini tentu dapat menjadi pelarian sementara setelah beberapa jam menatap
dokumen dan layar komputer Anda. (RT)