PropertiNews.id, Tangerang – Lesunya pasar penjualan dan pembelian akibat Pandemi
Covid-19 membuat PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO) mencari cara dan strategi
agar penjualannya terus berjalan. Dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini,
TOTO mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi efisiensi biaya produksi
hingga menerapkan sisten “new normal”
dalam aktivitas bisnis.
Selain itu, TOTO
juga memfokuskan pemasaran pada kelas menengah ke bawah sebagai siasat dari
melemahnya daya beli masyarakat dan ekspor yang menurun akibat pandemi.
Perseroan juga akan fokus pada penghematan biaya untuk tetap bertahan.
Berdasarkan data
dari Asosiasi Industri Keramik Indonesia (Asaki), penurunan permintaan keramik
sanitasi dirasakan sejak akhir 2017. Sebelumnya, produksi diserap pasar
domestik sebesar 70 persen dan untuk ekspor sebesar 30 persen. Sekarang
proporsi serapan lokal hanya sebesar 55 persen dan sisanya ekspor. Penurunan
penyerapan ini diduga akibat dampak perlambatan di sektor properti.
Saat ini, TOTO
Indonesia sedang memfokuskan pada produk sanitasi tanpa sentuh (touchless) untuk meningkatkan
higienitas. Teknologi higienitas untuk sanitasi bukan barang mewah lagi.
“Fokus kami
adalah terus menghadirkan teknologi higienitas dengan peralatan toilet yang tak
perlu disentuh demi kebersihan, apalagi di masa pandemi ini” kata President
Director PT Surya Toto Indonesia, Hanafi Armadiredja.
Bukan hanya itu,
TOTO juga kini memproduksi produk dengan ukuran yang tak lagi besar, sesuai
tren hunian yang semakin mengecil karna mahalnya harga lahan saat ini.
Dampak pandemi
menjadi kendala bagi kinerja perseroan untuk bertumbuh pada tahun ini. TOTO
memproyeksikan pendapatan dan laba bersih pada tahun ini akan sulit untuk
bertumbuh. Hal ini lantaran diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar
(PSBB) yang menyebabkan operasional pabrik untuk sementara ditutup, dan
produksi perseroan menurun tajam.
Baca Juga: Kembali Dibatasi, Begini Ketentuan Sektor Properti di Masa PSBB Jilid II
Di lain sisi,
baru-baru ini kantor pusat TOTO Indonesia baru saja mendapatkan penghargaan BCI Asia Interior Design 2020. Prestasi
tersebut sejalan dengan komitmen TOTO untuk menjadi yang terdepan dalam
meningkatkan kesadaran dan kualitas sanitasi di Indonesia. Desain terinspirasi
dari kejernihan air untuk menciptakan pengalaman yang mengingatkan peran air
bersih. (ZH)