PUPR Mulai Garap Proyek Infrastruktur di Labuan Bajo dengan Anggaran Rp1,31 Triliun

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melakukan pembangunan infrastruktur pada lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kementerian PUPR bahkan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,31 triliun untuk pembangunan infrastruktur ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimiljono mengatakan, adapun infrastruktur dasar yang dibangun yakni peningkatan fungsi jalan, penataan trotoar, serta perbaikan dan peningkatan fungsi drainase.

“Hal pertama yang harus diperbaiki untuk kawasan pariwisata adalah infrastrukturnya. Selanjutnya amenities dan event, dan kemudian dilakukan promosi secara besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan akan datang sekali dan tidak akan kembai lagi. Itu yang harus kita jaga betul” kata Basuki.

Basuki juga menambahkan, pembangunan infrastruktur pada setiap kawasan juga harus direncanakan secara terpadu, baik dari sisi penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, hingga soal perbaikan hunian penduduk setempat.

Baca Juga : Jasa Marga Targetkan 8 Tangga Darurat Tol Layang Japek Rampung Akhir Februari Ini

Adapun saat ini Kementerian PUPR akan melakukan pembangunan infrastruktur di lima KSPN pada 2020. Untuk rincian anggarannya sendiri adalah KSPN Danau Toba sebesar Rp2,31 triliun, KSPN Borobudur sebesar Rp1,35 triliun, KSPN Mandalika sebesar Rp904,3 miliar, KSPN Labuan Bajo sebesar Rp1,31 triliun, dan KSPN Manado Bitung Likupang sebesar Rp520,1 miliar.

Melansir data dari Kementerian PUPR, dukungan infrastruktur untuk KSPN Labuan Bajo meliputi bidang sumber daya air sebesar Rp67,7 miliar antara lain untuk pembangunan sarana dan prasarana pengaman Pantai Lohbuaya Pulau Rinca. Bidang jalan dan jembatan sebesar Rp420 miliar, bidang permukiman sebesar Rp646,3 miliar, dan bidang perumahan sebesar Rp174,5 miliar. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo