Pengerjaan Capai 81 Persen, Tol Manado – Bitung Ditargetkan Beroperasi April 2020

image

PropertiNews.id, Tangerang – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Manado – Bitung sepanjang 26 km bisa beroperasi penuh pada April 2020 mendatang. Hingga saat ini pembangunan jalan tol pertama di Sulawesi itu sudah mencapai 81 persen.

Tol Manado – Bitung merupakan salah satu dari proyek strategis nasional (PSN) yang bertujuan untuk mengurangi biaya logistik yang berasal dari Pelabuhan Internasional Bitung. Keberadaan tol ini juga akna mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

“Saya harap April 2020, tol ini sudah bisa beroperasi sepanjang 26 kilometer (km) dari Manado hingga Danowudu. Saat ini secara keseluruhan pembebasan lahan tol telah mencapai 98,56 persen dan pembangunan fisik mencapai 81 persen” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 km terdiri dari dua seksi, yakni Seksi I Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi sepanjang 14 km sudah selesai 100 persen. Sedangkan seksi II Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km akan terus dikebut oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Baca Juga : Cegah Corona, Penumpang Demam Tinggi Dilarang Naik MRT

Pengerjaannya terbagi menjadi dua seksi yakni Seksi IIA Airmadidi-Danowudu sepanjang 11,5 km yang progresnya kini mencapai 98,17 persen, dan Seksi IIB Danowudo-Bitung sepanjang 13,5 km progresnya sudah mencapai 45,28 persen.

Anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan jalan tol ini mencapai Rp 6,17 triliun, yang mana pendanaan pemerintah untuk konstruksi Seksi I sebesar Rp 3 triliun dan investasi BUJT untuk Seksi II sebesar Rp 3,17 triliun.

Dengan hadirnya jalan tol ini nantinya akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya dari saat ini sekitar 90 menit, menjadi sekitar 30 menit. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan arteri yang sudah mulai mengalami kepadatan arus kendaraan. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo