Pemerintah Siapkan Rumah Sakit Khusus Pasien Corona di Galang, Batam

image

PropertiNews.id, Tangerang – Mewabahnya virus corona ke Indonesia membuat pemerintah melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, menyiapkan sebuah rumah sakit untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona. Bangunan ini merupakan rumah sakit tua Ex Camp Vietnam yang berada di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Presiden Jokowi mengatakan, ada fasilitas kesehatan yang sudah lama tidak digunakan di pulau itu. Oleh karena itu, pemerintah akan merenovasinya dalam waktu singkat.

“Saya tidak akan membangun karena fasilitas itu sudah ada, tapi lama tidak digunakan, akan direnovasi dalam waktu yang sangat cepat” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan rumah sakit khusus di Pulau Galang, Kepulauan Riau itu nantinya tidak hanya akan digunakan untuk pasien yang terjangkit virus corona. Kedepannya, rumah sakit tersebut juga akan digunakan untuk mengobati pasein dengan virus menular lainnya.

“Karena kasusunya sekarang sedang corona, nanti kalau kasusnya beda, akan kita gunakan beda” kata Muhadjir.

Baca Juga : Cegah Corona, Pekerja China pada Proyek Kereta Cepat Dikarantina Dua Minggu 

Alasan pulau tersebut dipilih sebagai Rumah Sakit khusus penyakit menular termasuk corona adalah lantaran jauh dari keramaian publik. Selain itu aksesnya relatif mudah dengan adanya bandara di Batam.

Rumah sakit itu nantinya berkapasitas seribu pasien. Berdasarkan aturan kesehatan, akan disiapkan ruang isolasi sebanyak dua persen dari total jumlah kamar. Pembangunan rumah sakitnya juga akan disesuaikan dengan aturan standar WHO. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo