Mal di Jakarta Sepi Pengunjung Akibat Corona

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pandemi COVID-19 atau virus corona di Indonesia semakin bertambah. Hal ini berdampak pada pusat perbelanjaan seperti mal di Jakarta yang mengalami penurunan pengunjung. Menurut Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah, penurunan kunjungan mal di seluruh Jakarta hari ini sudah mencapai 50% dari normalnya.

“Pengunjung mal hari ini drop. Hari ini (turun) 50% yang di DKI (pengunjung mal). Belum ada (yang tutup). Tapi, Senin nanti kita rapat dengan APPBI, sudah ada rencana untuk menanggulangi ini, tindakan preventif apa yang bakal diambil bersama ke depan seperti apa dibahas di sana” katanya.

Rapat itu juga akan membahas soal adanya kemungkinan opsi pengurangan harga sewa dan efisiensi biaya operasional di mal sebagai imbas sepinya pengunjung. Satu hal yang tidak kalah penting adalah terkait pencegahan penyebaran virus corona agar tidak meluas karena mal adalah ruang publik dan memastikan kebutuhan masyarakat tetap tercukupi.

Sementara itu, menurut pengaduan pedagang Plaza Atrium, waktu andalan saat jam istirahat kerja atau makan siang kini tidak banyak membantu penjualan mereka. Salah satunya dirasakan oleh penjual batik, Nurida. Ia mengaku omzetnya turun drastis akibat dampak dari COVID-19.

“Drastis banget. Kalau biasa omzet Rp4-5 juta, sekarang paling dapat R-1 juta/harinya. Jadi drastis banget, drastis. Pengunjung juga dikit, berkurang banget” kata Nurida.

Baca Juga : Ronaldo Ubah Hotel Mewahnya Jadi Rumah Sakit Khusus Pasien Corona

Menurut pantauan detik.com, seluruh lantai di West Mall Grand Indonesia terlihat sepi. Biasanya, di akhir pekan mal ini selalu ramai dipenuhi oleh orang yang ingin berbelanja atau sekedar jalan-jalan.

di kesempatan berbeda, Corporate Communications Grand Indonesia Annisa Hazarini juga mengakui adanya penurunan pengunjung di pusat perbelanjaan tersebut. Sejak ada beberapa warga Indonesia yang dinyatakan positif corona, kunjungan ke mal itu anjlok hingga 15% per hari.

Padahal, sebelumnya kunjungan ke Grand Indonesia setiap harinya bisa mencapai 70.000 orang. Sehingga penurunan kali ini dirasa cukup memberatkan bagi para tenant yang ada di pusat perbelanjaan tersebut. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo