LRT Beroperasi Secara Komersil, Properti Jakarta Bergairah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Layanan transportasi massal Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading telah beroperasi sejak Minggu, 12 Desember 2019 lalu sebagai tambahan transportasi umum di Jakarta. Kehadiran LRT Jakarta ini diharapkan bisa membuat daftar properti kembali bergairah, setelah beroperasinya Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroprasi sejak April 2019.

Sistem transportasi massal dalam kota memiliki dampak yang sangat nyata pada kenaikan harga properti. Keberadaan koridor transportasi baru atau perubahan sistem transportasi massal akan meningkatkan potensi investasi properti di suatu wilayah.

Beroperasinya LRT Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading ini akan mendongkrak harga properti karena akan meningkatkan konektivitas, akses masyarakat, dan mengurangi waktu perjalanan.  Walaupun rute LRT Jakarta ini baru menempuh jarak 5,8 kilometer, investasi properti di sekitar wilayah Rawamangun, Pulomas, dan Kelapa Gading akan ikut terkerek naik.

Pasar properti DKI Jakarta mulai menunjukkan adanya tren kenaikan setelah sempat stagnan dalam  1 tahun terakhir. Indeks harga properti di DKI Jakarta berada pada angka 131, atau turun tipis sebesar 0,07 persen per kuartal pada kuartal III/2019. Menggeliatnya harga properti di DKI Jakarta, terutama pada kuartal III/2019, tidak lepas dari perkembangan infrastruktur transportasi umum massal.  

Harus diakui, hunian di dekat sarana transportasi umum saat ini menjadi pilihan bagi para pencari hunian di Jakarta. Dengan hadirnya berbagai sarana transportasi umum massal seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta maupun LRT Jabodebek yang saat ini sedang dibangun, maka hunian yang memiliki kedekatan akses menuju transportasi umum akan memudahkan mobilitas para penghuninya menuju tempat aktivitas atau pekerjaannya khususnya bagi para pekerja.

Moda LRT Jakarta sepanjang 5,8 kilometer ini memiliki enam stasiun, yakni Velodrome, Equestrian, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard Utara, dan Pegangsaan Dua. LRT Jakarta beroprasi secara komersial setelah tiga kali menjalani uji coba, yaitu pada Agustus 2018, Maret 2019, dan Juni 2019. (EC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo