Lama Tak Ada Kabar, Jalur KA Cibatu-Garut Diuji Bulan ini

image

Propertinews.id, Tangerang – Lama tak ada kabar, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan uji coba penggunaan jalur kereta Cibatu-Garut. Sebelumnya, jalur kereta ini sempat mangkrak dan dilupakan. Namun kini, rel tersebut sudah kembali aktif dan bisa digunakan lagi. Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro menyebut uji coba jalur KA yang mengubungkan Cibatu dan Garut akan dilaksanakan pada pertengahan bulan ini.

“Pertama bahwa kita memang waktu itu dapat penugasan sehingga kita reaktivasi jalur Cibatu-Garut itu, sekarang sudah done. Mungkin nanti pertengahan bulan ini lah uji coba," ujar Edi, seperti yang dilansir Detik Finance.

Edi juga manambahkan dengan kembalinya jalur KA Cibatu-Garut akan mempermudah mobilitas masyarakat yang hendak menuju Bandung dari Garut atau sebaliknya, serta dari Garut ke Jakarta atau sebaliknya. "Jadi nanti orang Garut ke Bandung bisa langsung, ke Jakarta bisa langsung," ungkapnya.

Selain jalur kereta Cibatu-Garut, setidaknya ada empat jalur lainnya yang akan di reaktivisasi, yakni Cibatu-Garut, Bandung-Ciwidey, Banjar-Pangandaran, dan Rancaekek-Tanjung Sari dengan panjang total 178,8 kilometer (km).

Baca Juga : Pemerintah Siapkan Rumah Sakit Khusus Pasien Corona di Galang, Batam

Kendati demikian, Edi menjelaskan bahwa penghidupan kembali jalur kereta yang telah lama non-aktif merupakan itikad dari Direktorat Jenderal (Perkeretaapian) bukan oleh KAI. "Untuk yang lainnya kita sedang diskusi terus karena sebenarnya mereaktivasi ini adalah itikad Direktorat Jenderal (Perkeretaapian) bukan oleh KAI. Kami ini operator, tetapi era yang akan datang kalau kereta api (KAI) mampu kenapa tidak," imbuh Edi.

Dalam kesempatan sebelumnya, Edi juga memaparkan pada dasarnya reaktivasi tersebut merupakan program nasional pemerintah. Sehingga, pihaknya sebagai perusahaan plat merah mesti turut mendukung. "Memang sebenarnya nantinya perlahan, bertahap itu rencana pemerintah mau reaktivasi semua (jalur kereta)," Kata Edi lagi. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo