Cegah Corona, Pekerja China pada Proyek Kereta Cepat Dikarantina Dua Minggu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Penyebaran virus corona sudah sampai ke Indonesia. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk mengantisipasi semakin menyebarnya virus yang menyerang sistem pernafasan ini, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberlakukan prosedur yang ketat bagi para pekerja China yang masuk ke Indonesia.

Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk (Persero) alias WIKA, Tumiyana mengatakan pihaknya akan melakukan karantina pada pekerja China selama dua minggu akibat mewabahnya virus corona. Sementara yang sedang pulang ke China tidak diperbolehkan kembali ke Indonesia.

“Nanti kami evaluasi, mudah-mudahan enggak ada. Yang sudah keluar enggak masuk dulu, yang sudah di dalam enggak boleh keluar. Kan ada kebijakan dari Kementerian Ketenagakerjaan” kata Tumiyana.

Sementara itu, Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra menegaskan, masih mempertimbangkan 300 karyawan asal China kembali ke Indonesia untuk bekerja dalam pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung.

Tenaga kerja China proyek kereta cepat yang ingin kembali lagi ke Indonesia harus menggunakan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan KITAS tersebut harus terdapat sertifikasi kesehatan dari Pemerintah China.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah tetap berkomitmen bahwa proyek kereta cepat Jakarta – Bandung akan selesai sesuai target yakni pada akhir 2021, sekalipun saat ini sedang mewabahnya virus corona atau COVID-19.

Baca Juga : Pemerintah Bentuk Bank Tanah Lewat Undang-Undang Cipta Kerja, Apa Fungsinya?

Adapun pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghentikan sementara pembangunan kereta cepat Jakarta – Bandung mulai 2 Maret 2020 hingga dua minggu ke depan. Sebab pengerjaan proyek tersebut dinilai tidak memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo