Propertinews.id,
Tangerang – Saat ini, pengguna internet di Indonesia telah tumbuh
hingga 175,4 Juta dengan pertumbuhan hingga 12% setiap tahunnya. Ini artinya,
pengguna internet merupakan mayoritas penduduk Indonesia. Besarnya pengguna dan
pesatnya pertumbuhan tersebut harus dimanfaatkan oleh pelaku industri properti.
Bagaiamana cara memanfaatkannya? Jawabannya adalah melalui digital marketing.
Apalagi di tengah pandemi saat orang-orang enggan keluar
untuk menghadiri keramaian seperti pameran properti, maka Anda harus memutar
otak menemukan cara bagaimana meraih calon konsumen yang seperti ini.
Untuk menjawab permasalah tersebut,
Anda harus mulai memanfaatkan strategi digital marketing. Kelebihan strategi
ini adalah tidak diperlukannya kontak fisik namun efektivitas dari strategi ini
sama efektifnya dengan strategi pemasaran konvensional lainnya.
baca juga: ingin menjual properti melalui social media? begini caranya
Keefektifan strategi digital marketing
untuk properti tercermin dari meningkatnya jumlah traffic pada website
dan portal properti selama 4 bulan kebelakang. Seperti yang diungkapkan Client
Partner Google Indonesia, jumlah pencarian untuk kata kunci “rumah “ selama
bulan April hingga Juni meningkat hingga 78%. Kemudian, Lamudi mencatat
kenaikan traffic ke portal properti selama bulan yang sama meningkat
hingga 69% dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya.
Dalam analisis Google Trend pun, traffic kata kunci “rumah di Bekasi”
meningkat tajam selama bulan Juli lalu. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Managing Director Mart
Polman mengatakan bahwa hal ini mungkin berkaitan dengan kebijakan relaksasi
kredit yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Para konsumen properti
mulai melirik properti incaran mereka karena kondisi pasar melemah dan harga
stagnan cenderung murah.
Kesempatan ini lah yang harus dimanfaatkan
oleh para pelaku bisnis properti untuk merambah dunia digital dan mengamankan
pasar digital yang besar di Indonesia. Berbagai strategi digital marketing
dapat diaplikasikan mulai dari strategi media sosial, email, hingga affiliate
marketing.
Namun apa saja
strategi digital marketing yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis
Properti, teruatama para agen properti yang harus mulai memanfaatkan platform
digital? Simak selengkapnya di sini.
Jual
Properti di Media Sosial
Pengguna
media sosial menempati angka 80% dari total pengguna Internet di Indonesia.
Penetrasi media sosial pun sangat tajam karena pertumbuhan pengguna media
sosial di Indonesia berada pada angka 22% paling tinggi ke 3 di dunia setelah
India. Hal ini menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi pelaku industri
properti yang ingin memanfaatkan media sosial sebagai sarana jualan
propertinya. Dalam sebuah studi bahkan dikatakan bahwa 90% millennial yang
mencari properti dimulai dari media sosial. Dengan memiliki media sosial
sebagai platform jualan properti Anda bisa mendapatkan calon pembeli potensial
dari media sosial.
Banyak media
sosial yang dapatdimanfaatkan untuk berjualan properti. Salah satu media sosial
yang paling populer digunakan untuk berjualan properti adalah Facebook dan Instagram. Kedua
platform media sosial ini sangat cocok digunakan karena memiliki jumlah
pengguna yang besar berusia 14 hingga 55 tahun. Usia tersebut merupakan usia
pembeli ideal properti.
Jual
Properti dengan Website
Salah satu
platform digital marketing lain yang dapat dimanfaatkan untuk jualan properti
adalah website. Keberadaan website sangat penting bagi kredibilitas sebuah
pengembang dan seorang pelaku bisnis properti. Sebuah studi yang dilakukan oleh
Marketwatch mengemukakan bahwa pelaku
bisnis properti yang memanfaatkan website memiliki 34% tingkat penjualan
daripada pelaku properti yang tidak menggunakan website. Dengan
keberadaan website tidak hanya meningkatkan kredibilitas bisnis Anda
namun juga meningkatkan keputusan pembelian calon konsumen pada propeti Anda.
Jadi lengkapilah strategi digital Anda dengan website resmi.
Manfaatkan
Email Marketing
Salah satu
strategi digital marketing yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis properti
adalah email marketing. Melalui email marketing, Anda dapat
membagikan berbagai berita terbaru mengenai bisnis Anda langsung ke pelanggan.
Salah satu keuntungan dari email marketing adalah Anda memiliki target
audiens yang siap menjadi konsumen Anda apabila didekati dengan baik. Oleh
karena itu, manfaatkan email marketing sebagai salah stau strategi
andalan Anda.
Blog
Merupakan Cara Terbaik untuk Menarik Minat Calon Konsumen
Selain
menggunakan media sosial, website, dan email marketing, blog merupakan cara
terbaik bagi Anda untuk menumbuhkan loyalitas calon konsumen properti Anda.
Dengan adanya Blog, maka website Anda akan mendapatkan visibilitas
tinggi karena teroptimasi mesin pencari. Selain itu, konten Blog juga dapat
digabungkan menjadi konten email marketing dan media sosial. Sehingga
fleksibilitas strategi digital marketing satu ini bisa sangat tinggi. Selain
itu, karena teroptimasi oleh SEO, maka website Anda akan muncul di halaman pencarian
Google dalam beberapa kata kunci. Studi yang dilakukan marketwatch mengatakan
bahwa website yang muncul di hasil halaman pencarian Google lebih dari 4 kali
untuk kata kunci berbeda akan mendapatkan 75% traffic dan kepercayaan
calon konsumen.
Jadi manfaatkan
strategi digital marketing untuk penjualan properti. Strategi ini selain lebih
praktis digunakan juga mendatangkan hasil yang lebih efektif dibandingkan Anda
menghabiskan tenaga dan waktu untuk melaksanakan pameran properti di tengah
pandemi seperti saat ini. (ADR).