Penjelasan Singkat Mengenai CRM dan Fungsinya

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pelanggan adalah sebuah aset yang tak ternilai untuk sebuah perusahaan, terlebih untuk perusahaan developer properti. Untuk dapat terus bisa berinteraksi serta berhubungan baik dengan pelanggannya tentu sebuah perusahaan membutuhkan pengelolaan database yang mencangkup profil sang pelanggannya dengan baik. Untuk itu, terdapat sebuah sistem yang dapat membantu perusahaan untuk memaintain pelanggannya dengan menggunakan  CRM atau Customer Relationship Management.

CRM
adalah suatu pengelolaan hubungan dua arah antara perusahaan dengan pelanggan dari suatu perusahaan. Seiring perkembangannya, CRM juga bisa diartikan sebagai sebuah istilah industri TI untuk perangkat lunak/software, strategi, metodologi dan atau aplikasi berbasi web lain yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengelola hubungannya dengan pelanggan.

Bisa dikatakan sistem CRM ini sebagai sebuah metode usaha dari perusahaan dalam menjaga pelanggan agar tidak lari ke pesaing lain dengan melakukan segala macam cara bentuk interaksi seperti lewat e-mail, telepon, situs, serta hasil komunikasi dengan staf marketing atau sales.

Sistem CRM ini merupakan serangkaian kegiatan sistematik terkelola yang dilakukan untuk semakin menarik perhatian, memahami, dan mempertahankan kesetiaan pelanggan yang menguntungkan (disebut sebagai most profitable customer) agar makin tercapai pertumbuhan perusahaan yang amat sehat.

Dengan menggunakan sistem ini, memungkinkan sebuah perusahaan tersebut untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan secara efektif. Berikut ini fungsi dari penerapan sistem CRM pada suatu perusahaan:

1.    Meningkatkan kesetiaan pelanggan
Dengan aplikasi CRM memungkinkan bagi perusahaan untuk memakai semua informasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber dengan pelanggan seperti melalui call center, web, layanan di lapangan, dan staf pemasaran. Penerimaan informasi yang konsisten ini memungkinkan pelayanan serta penjualan yang lebih baik berkat berbagai macam informasi penting tentang para pelanggan tersebut.

2.    Mengurangi biaya
CRM yang dituangkan dalam sebuah skema program pemasaran yang terfokus serta spesifik memungkinkan perusahaan memakai biaya yang lebih murah dalam pelayanan serta penjualan yang tertuju ke pelanggan yang tepat dalam waktu yang tepat juga.


3.    Kegiatan operasional semakin efisien
Semakin berkurang beban arus kas dan resiko turunnya kualitas pelayanan ke pelanggan berkat otomasi proses layanan dan penjualan. Contohnya pemakaian teknologi call center serta web dapat mengurangi hambatan proses administratif, biaya, maupun birokrasi yang bisa saja muncul.

4.    Time to market meningkat
Berkat aplikasi CRM yang memungkinkan terkumpulnya data trend pembelian dan informasi dari pelanggan akan mempercepat produk masuk ke pasar.

5.    Pendapatan meningkat

Informasi yang didapat dari aplikasi CRM dapat meningkatkan keuntungan serta pendapatan perusahaan. Misalnya perusahaan dapat melakukan penjualan secara global melalui website tanpa perlu melakukan upaya khusus untuk mendukung kegiatan pelayanan serta penjualan tersebut. (SU)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo