PropertiNews.id, Tangerang – Istilah
CRM atau Customer Relationship Management mungkin sering didengar oleh pelaku bisnis. CRM sendiri merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan antara pebisnis atau korporasi dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda. Pendekatan ini tentunya memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan juga memberikan nilai tambah secara terus-menerus kepada pelanggan.
CRM adalah sebuah usaha dalam menyediakan suatu jembatan strategis dari strategi pemasaran dan teknologi informasi bertujuan menjalin hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang dan berkaitan dengan profitabilitas.
Customer Relationship Management (CRM) ini menggabungkan antara kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan perusahaan menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dan juga untuk menelusuri informasi pelanggan. Pengimplementasian CRM ini hampir selalu digunakan oleh teknologi informasi untuk menarik pelanggan baru menguntungkan, hingga mereka memiliki keterikatan pada perusahaan. CRM ini memiliki tujuan seperti:
1. Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.
2. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai pelanggan untuk memaksimalkan jalinan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan melalui penjualan secara up selling dan cross selling. Sehingga nantinya dapat meningkatkan keuntungan dengan cara mengidentifikasi, menarik serta mempertahankan pelanggan yang paling memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
3. Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan yang memuaskan dengan memanfaatkan informasi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat menghemat waktu pelanggan.
4. Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses menyalurkan jawaban kepada pelanggan.
Konsep dari CRM ini meliputi Enhance (meningkatkan), Retain (mempertahankan) dan Acquire (mendapatkan) pelanggan. Bisa dikatakan bahwa konsep CRM ini mengacu kepada bagaimana caranya agar kita selaku pelaku bisnis bisa selalu memperoleh pelanggan yang baru, dengan meningkatkan hubungan agar mereka merasa puas terhadap layanan yang diberikan, hingga akhirnya mereka pun menjadi pelanggan tetap yang loyal. (SU)