PropertiNews.id, Tangerang – Memasuki era digital kini semua yang bersifat fisik telah berpindah ke ranah digital. Hal ini pun juga meliputi kegiatan pemasaran dan periklanan. Maka tak heran jika kini pemasaran digital pun menjadi semakin populer dan semua pelaku usaha pun kini telah berlomba-lomba untuk memasarkan produknya di ranah digital, begitu pun dengan developer properti yang memasarkan proyek propertinya.
Pemasaran digital adalah proses mempromosikan produk Anda ke seluruh web, menciptakan “kehadiran” Anda di mesin pencari dan media sosial yang populer, serta mengirimkan e-mail pemasaran ke calon pelanggan Anda. Jika Anda masih belum tahu atau yakin kenapa bisnis Anda sangat membutuhkan pemasaran digital ketika pemasaran konvensional Anda sudah menghasilkan penjualan, berikut adalah hal-hal yang pemasaran digital dapat lakukan.
Dengan pemasaran digital Anda dapat menciptakan brand awareness dengan lingkup yang sangat luas. Di era informasi, konsumen pada umumnya melakukan riset kecil di internet tentang produk yang ingin mereka beli baik secara online maupun offline. Artinya, pemasaran digital dapat menciptakan prospek secara online sehingga menambah penjualan offline Anda.
Bisa dibilang,
pemasaran lewat digital ini memiliki kepraktisan dalam memasarkan produk yang Anda miliki. Apalagi untuk para pengembang properti, tentunya Anda dapat menjangkau lebih luas calon pelanggan Anda. Sehingga melakukan pemasaran secara digital ini dapat menjadi jembatan antara Anda dengan konsumen yang berjarak ribuan kilometer.
Tidak peduli sudah berapa banyak konsumen yang Anda miliki sekarang, pemasaran digital telah terbukti dapat menciptakan prospek-prospek baru setiap harinya dan juga mengkonversi prospek lama menjadi penjualan. Dengan cara ini, Anda dapat terus menambah customer base Anda dengan semakin bertambahnya orang yang mengetahui tentang produk atau jasa Anda tiap harinya.
Prospek yang diciptakan pemasaran digital bukanlah sembarang prospek. Berbeda dengan pemasaran tradisional, pemasaran digital memberi konsumen kemampuan untuk memilih konten mana yang benar-benar menarik perhatian dan yang ingin mereka lihat dari sekian banyak konten yang tersedia.
Sehingga pemasaran digital ini menghasilkan pendapatan yang lebih baik. Karena dengan adanya leads generation yang lebih baik, maka tingkat konversi pun menjadi lebih tinggi. Dengan tingkat konversi yang lebih tinggi, pemasaran digital menghasilkan lebih banyak pendapatan pula. Google mengkonfirmasi hal ini dalam sebuah studi dengan IPSOS Hong Kong, bahwa ekspektasi pertumbuhan pendapatan untuk perusahaan yang menggunakan pemasaran digital 2,8 kali lebih baik dibanding perusahaan yang tidak menggunakan pemasaran digital.
Selain itu, dengan branding dan pendapatan yang lebih baik, artinya ROI juga dapat menjadi lebih baik. Pemasaran digital dapat dilacak dan dimonitor dengan mudah, dengan hasil yang dapat terealisasi dan diukur langsung ketika target audiens memberi informasi kontak mereka atau melakukan pembelian. Kunci kesuksesan pemasaran digital adalah dengan menciptakan flow of traffic yang stabil yang mengkonversi ke prospek dan penjualan. Semakin banyak traffic yang diciptakan, semakin cepat ROI terealisasi. (SU)