PropertiNews.id, Tangerang –
Sosial media marketing
adalah aktivitas pemasaran yang kini telah marak digunakan oleh banyak
orang. Sosial media cukup banyak digunakan sebagai alat untuk aktivitas
pemasaran karena tidak mengeluarkan banyak biaya dan dapat digunakan
oleh siapa saja dan dimana saja. Jika Anda ingin menggunakan sosial
media sebagai alat untuk menunjang bisnis Anda, namun Anda bingung ingin
memulainya darimana, berikut ini sejumlah strategi sosial media
marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda:
Bangun Brand AwarenessBrand
awareness adalah daya ingat konsumen atau calon konsumen mengenai suatu
produk atau perusahaan. Hal ini dapat Anda ciptakan dengan membuat
suatu logo yang merepresentasikan bisnis atau produk Anda. Anda dapat
menggunakan sejumlah pihak yang dapat membantu Anda dalam membuat suatu
logo seperti branding consultant atau visual designer jika Anda memiliki
sejumlah dana. Alternatif yang lain, Anda dapat menggunakan website
editor yang cukup mudah digunakan untuk membuat logo.
Manfaatkan Fitur yang ada pada Sosial MediaSosial
media memiliki fitur-fitur yang memudahkan penggunanya untuk saling
berinteraksi. Fitur-fitur tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana
promosi bagi produk atau suatu bisnis.
Misal, facebook memiliki
fitur tag place
yang dapat dipilih oleh khalayak ketika hendak melakukan posting. Fitur
tag place ini, dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi
perusahaan atau bisnis yang sedang dijalankan. Contohnya, jika seseorang
melakukan tag place di tempat Anda pada postingannya, maka perusahaan
Anda dapat dilihat oleh teman-teman sosial media orang tersebut.
Selain
itu pada Instagram terdapat fitur hastag, yang juga dapat membantu
khalayak untuk menemukan apa yang Anda posting. Kata pada suatu hashtag
layaknya suatu kata kunci yang dapat membantu khalayak dalam menemukan
bisnis Anda pada sosial media. Jika Anda dapat mencantumkan hashtag
dengan tepat, maka semakin banyak khalayak akan mengetahui produk atau
bisnis yang Anda jalankan.
Membangun Relasi di Sosial MediaDi
dalam sosial media, relasi merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal
tersebut bisa didapatkan melalui membalas sejumlah pesan-pesan atau
komentar yang masuk dan mengikuti sejumlah akun yang terkait dengan
bisnis Anda. Hal ini diperlukan untuk menambah bahan-bahan konten Anda
ataupun mempermudah proses kerjasama dengan pihak-pihak tertentu
bilamana diperlukan.
Tentukan Target AudienceTentukanlah
siapa target audience atau khalayak sasaran Anda. Buatlah kriteria
khalayak sasaran sesuai dengan produk Anda. Berdasarkan segmentasi pasar
yang telah Anda tentukan, untuk selanjutnya Anda dapat menentukan
kembali sosial media apakah yang cocok bagi khalayak sasaran Anda. (SU)