Cara Agar Baterai Ponsel Tak Cepat Panas

image

PropertiNews.id, Tangerang – Selain sebagai sarana untuk komunikasi, biasanya smartphone Android juga banyak digunakan oleh sebagian orang untuk bermain game. Baik oleh gamer amatir maupun gamer pemula, gamer profesional ataupun sekedar iseng hanya untuk menghabiskan waktu.

Tentunya jenis beda pengguna beda pula game yang dimainkan. Berbeda dengan game ringan, biasanya game ringan dipakai hanya untuk membunuh kebosanan. Namun, beberapa gamebisa dikatakan memiliki beban lebih yang biasanya dimainkan oleh pencinta game sejati. Mereka yang memang hobi bermain game di ponsel pintar biasanya menganggap game sebagai makanan wajib dan menjadi aplikasi yang mutlak harus ada di ponselnya.

Namun, game untuk gamer sejati biasanya membutuhkan sumber daya lebih, dan hanya dapat dimainkan di smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni, atau setidaknya sesuai dengan spesifikasi minimum. Jika terlalu low-end, maka jangan harap Anda dapat bermain dengan lancar.

Salah satu masalah utama yang kerap mengganggu ketika bermain game kelas berat atau menengah adalah suhu smartphone Android yang tiba-tiba naik. Bukan cuma dikhawatirkan merusak bagian dalam komponen ponsel, namun juga jelas tak nyaman digenggam.

Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa ulasan berbagai cara agar baterai ponsel kita tidak cepat panas. Hal ini kerap tentunya mengganggu, terlebih kalau terjadi secara tiba-tiba dan kebetulan ada di saku kita. Bahkan, ini bisa jadi awal penyebab smartphone meledak, loh.

Berikut lima tips sederhana agar ponsel kita tak cepat panas saat bermain game:

1.    Main Game dengan Wajar
Tak bisa dipungkiri, bahwa game menjadi kewajiban bagi smartphone alias ponsel pintar. Terlebih, untuk kids zaman now. Namun, hasrat untuk bermain game tampaknya harus ditekan saat ponsel sudah mulai hangat.

2.    Minimalkan Penggunaan Bluetooth, GPS, dan Wifi
Sederhana, tapi berdampak besar. Ketiga fitur penghubung itu, kalau menyala terus-menerus, akan membuat ponsel kita cepat panas. Jika tidak digunakan, lebih baik dimatikan. Aktifkan kalau memang benar-benar dibutuhkan, terlebih wifi. Sebab, koneksi ini bisa jadi salah satu pintu masuk hacker untuk membobol smartphone kita.

3.    Tak Gunakan Case Saat Mengisi Daya
Ini juga sederhana. Terkadang kita malas untuk membuka case ponsel hanya karena repot. Padahal case, terutama yang berbahan karet, merupakan penghantar panas yang buruk (isolator). Case akan menahan energi panas yang timbul saat kita mengisi daya ponsel.

Baca juga: Cara Mengintip Pesan Whatsapp Yang Dihapus

4.    Rajin Pindai File Tak Berguna
File tak berguna kerap muncul setelah sebuah aplikasi berhenti dijalankan atau berselancar di Internet. Isilahya cache. Ini yang membuat kerja ponsel melambat dan menyebabkan panas. Banyak aplikasi di Play Store maupun App Store yang bisa membersihkan file ini secara otomatis.

5.    Gunakan Pengisi Daya Orisinil
Pernah dengar soal charger gak ori, bukan? Nah, itu salah satu penyebab ponsel cepat panas. Musababnya, komponen elektronik yang dipakai bisa saja tidak sesuai dengan ponsel kita. Selain bikin cepat panas, charger tidak ori juga bisa bikin smartphone cepat rusak. (SU)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo