Gubernur Jawa Timur Ingin Adakan LRT di Surabaya Menyerupai Jakarta

image

PropertiNews.id, Tangerang – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ingin membangun transportasi cepat seperti di Jakarta. Transportasi yang ingin dibangun adalah kereta ringan atau LRT di kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertosusila).

“Akan kita komunikasikan ke berbagi kementerian, terutama kementerian perhubungan, kita berharap salah satu super prioritas adalah LRT untuk Gerbangkertosusila” kata Khofifah.

Namun, ternyata investasi untuk membangun LRT dianggap terlalu mahal. Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya menyarankan Khofifah membangun ART alias Autonomus Rapid Transit.

“Saya beri saran, LRT kan mahal sekali, maka kita akan menggunakan ART. Kereta berbasis ban karena kita harapkan ada kombinasi penggunaan elevated dan jalan raya” kata Budi Karya.

Sebagaimana diketahui proyek LRT dan MRT di Jawa Timur sudah masuk dalam proyek strategis nasional yang terlampir dalam Perpres No 80 Tahun 2019. Proyek angkutan massal ini direncanakan akan menggunakan anggaran dengan format pendanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang membuka ruang investor swasta untuk berpartisipasi. Proyek ini membutuhkan total investasi senilai Rp8,3 triliun.

Baca Juga : Tersandug Kasus Hukum, Bagaimana Kabar Proyek Meikarta? 

Khofifah juga mengatakan, saat ini kawasan Gerbangkertosusila yang populasinya 12 jut orang seperti Jabodetabek membutuhkan transportasi massal. Ia meminta masukan dari pemerintah pusat terutama Kemenhub soal transportasi yang cocok dengan opsi-opsinya, apakah 100% layang atau sebagian memakan badan jalan.

Terdapat 218 proyek strategis di Jawa Timur dan ada tiga yang prioritas. Pertama proyek pengembangan transportasi di Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan), lalu pengembangan wisata di wilayah BTS alias Bromo-Tengger-Semeru. Terakhir masih pengembangan proyek transportasi di Selingkar Wilis dan jalur lingkar selatan Jawa Timur. Nantinya, 85% dari seluruh proyek akan digarap dengan skema KPBU. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo