Ini Dia Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir yang Bisa Anda Terapkan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bencana banjir biasa terjadi di daerah tropis seperti di Tanah Air. Bahkan ada sebagian kecil masyarakat yang sudah terbiasa dengan datangnya banjir setiap tahun. Rumah juga bisa cepat aus dan lapuk akibat terendam air berhari-hari. Hal itu akan membuat Anda mengeluarkan biaya untuk perbaikan dan renovasi. Nah, sebelum menjadi mimpi buruk buat Anda, ada baiknya sejak awal membangun rumah sudah dipikirkan desain dan konstruksi yang tahan banjir. Seperti desain rumah yang kami sajikan di artikel berikut ini.

Rumah Tradisional

Bentuk rumah dengan struktur kayu yang mirip dengan rumah panggung ini sudah ada sejak zaman dulu di pelosok wilayah Indonesia. Memadukan nuansa tradisional, Anda bisa gabungkan dengan sentuhan modern yang akan membuat rumah terlihat minimalis etnik. Dominai warna coklat pada kayu dan atap membuat rumah juga terasa lebih homey.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Material Bambu untuk Konstruksi Bangunan

Rumah Berlapis Logam

Rumah dibangun di atas struktur beton solid untuk menjamin kekuatannya saat terjadi pergerakan tanah. Dinding rumah terbuat dari dua macam bahan, yaitu kayu di dalam dan logam diluar. Hal ini dilakukan karena logam lebih kuat menahan arus air saat banjir datang. Jendela kaca di bawah hanya ada beberapa karena kaca bisa pecah saat diterpa arus air yang sangat kuat.

Rumah Gaya Eropa anti Banjir

Meski terlihat biasa saja, tapi sesungguhnya rumah ini dibuat dengan struktur beton. Yang membedakannya hanya ketinggian dari struktur betonnya saja. Dengan tambahan teras di bagian depan, struktur beton jadi bisa tersamarkan dan membuat rumah terlihat lebih cantik.

Paduan Beton dengan Kayu

Ini adalah variasi desain Anda yang ingin punya rumah tahan banjir tapi tetap tampil gaya. Bisa dilakukan dengan memfurnish dinding kayu (tergantung dinding rumah terbuat dari material apa) dengan warna yang mendekati warna struktur beton di bawah rumah. Misalnya abu-abu kusam seperti contoh ini. Ruang kosong di bawah rumah akan terisi air saat banjir datang. Di dalam rumah Anda bisa mengawasi keadaan sekitar dari jendela kaca besar. 

Baca Juga : Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekuarangan Material Triplek

Rumah Bertonggak Beton

Rumah dengan desain ini sepenuhnya dibangun dengan menggunakan kayu yang ditopang oleh toggak beton dibagian dasarnya, Tonggak beton berfungsi sebagai penahan jika air bah mendadak datang. Rumah tipe ini cocok didirikan di area yang sering terkena banjir dengan ketinggian 30-60 cm. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo